KINGDOM BREAKTROUGH

“Penerobos akan maju di depan mereka; mereka akan menerobos dan berjalan melewati pintu gerbang dan akan keluar dari situ. Raja mereka akan berjalan terus di depan mereka, Tuhan sendiri di kepala barisan mereka” Mikha 2 : 13


Mengapa tidak terjadi terobosan? Yesaya 5:12-13 Karena perbuatan Tuhan tidak dipandang dan pekerjan Tuhan tidak dilihat oleh kita. Dengan kata lain kita meremehkan dan tidak beryukur atas segala sesuatu yang sudah dikerjakan oleh Tuhan di dalam kehidupan kita. Dan akibatnya kita akan dapat menjadi mati rohani/stagnansi.


Di dalam Mikha 2:12-13 dikatakan bahwa Tuhan sendiri yang akan mengumpulkan kita dan Tuhan sendiri yang akan mengadakan terobosan di dalam seluruh kehidupan kita (keuangan, ekonomi, keluarga, pelayanan, pendidikan, pasangan hidup,dsb) asalkan kita mau tekun karena terobosan bukan hal yang instant.


Breakthrough/Terobosan adalah :
1. Important Discovery (penemuan yang sangat penting dan diakui oleh semua manusia)
2. Penetration Of Enemy Line (masuk kedalam garis musuh)
3. Removal Of Barrier To Progress (meniadakan halangan-halangan yang ada di depan kita untuk maju kedepan)


Dalam Pengkhotbah 10:8-10 dikatakan bahwa Barangsiapa menggali lobang akan jatuh kedalamnya dan barangsiapa mendobrak tembok akan dipagut ular. Barangsiapa memecahkan batu akan dilukainya; barangsiapa membelah kayu akan dibahayakannya. Jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat. Kesimpulan ayat ini ialah:

1. Setiap pekerjaan mengandung resiko
2. Untuk berhasil harus memiliki hikmat


Halangan terobosan adalah Ular dan tembok. Terobosan berbicara tentang mendobrak tetapi dalam ayat ini jika mendobrak maka dipagut ular. Maka ucapkan mantera maka tidak akan digigit ular. Mantera dari bahasa sansekerta yang berarti adalah doa yang terus diucapkan.


Untuk mengalami terobosan kita harus melakukan :

1. Doa/Firman/perkataan positif yang terus diucapkan.
Dalam Amsal 18:21 dikatakan Hidup kita dikuasai oleh lidah, maka jangan main-main dengan perkataan kita, Dalam Bilangan 14: 28 dikatakan Apa yang kita katakan di hadapan Tuhan maka itulah yang akan dilakukan kepada kita, maka hati-hati dengan mulut kita. Apapun yang kita katakan itu adalah doa. Dan doa yang kita ucapkan terus menerus adalah cara kita untuk mendapatkan terobosan-terobosan yang kita perlukan. Kalau kita mau mengalami terobosan maka mulai saat ini kita harus memulai untuk mengucapkan hal-hal yang positif. Hingga terjadilah apa yang kita katakan. Tapi terobosan itu juga merupakan proses.


2. Iman dan ketaatan
Dalam Ibrani 7-8 diceritakan bahwa Nuh melakukan dengan taat perintah Allah walaupun yang akan terjadi belum kelihatan, Abraham dengan iman dan taat melakukan perjalanan walaupun belum melihat tanah perjanjian, Dalam Keluaran 14:16&21 diceritakan bahwa Musa dengan iman dan taat kepada Allah mengangkat tongkatnya dan mengulurkan tangannya ke air laut hingga mukjizat itu terjadi. Tetapi Mukjizat itu adalah proses. Kita harus percaya dan taat kepada perintah Allah. Maka akan terjadi terobosan dan mukjizat. Terobosan itu tidak instant, ada hal yang harus dikorbankan untuk mendapatkan terobosan.


3. Hadirat Tuhan
Dalam Yosua 6;8 dikatakan ‘Segera sesudah Yosua berkata…….sedang tabut perjanjian Tuhan mengikut mereka’ Tabut Perjanjian Allah berbicara tentang hadirat Allah. Jika kita ingin ada terobosan dalam kehidupan kita, maka, masuk dan hiduplah di dalam Hadirat Allah. Dalam 2 Samuel 6:11 dikatakan bahwa Tiga bulan lamanya Tabut Tuhan itu tinggal di rumah Obed-Edom, orang Gat itu, dan Tuhan memberkati Obed-Edom dan seisi rumahnya. Jadi selama Tabut Allah dirumah Obed-Edom maka Obed-Edom diberkati luar biasa. Hiduplah dalam Hadirat Allah maka akan ada terobosan, Dalam 1 Taw.14:11 dikatakan bahwa Allah sendiri yang akan menerobos melalui perantara Daud. Maka kita harus hidup dalam hadirat Allah sehingga terobosan akan ada didalam hidup kita.


Bagian kita adalah mengalahkan dan menghilangkan penghalang pertama yaitu ULAR selanjutnya Tembok adalah bagian Allah yang akan menerobos dan kita akan mengikuti Tuhan dalam terobosan yang penuh dengan kelimpahan. Sebab ALLAH datang untuk membuat kita hidup dalam segala kelimpahan. Sekali lagi kita dapat mengalami terobosan jika kita terus menerus Berdoa, Taat dan Penuh Iman serta Hidup di dalam Hadirat Allah.