BUILD THE TRUE KINGDOM

Kejadian 11 : 1-9
Dalam ayat 6 dikatakan bahwa karena ada kesatuan bahasa dan bangsa maka apapun yang dilakukan manusia pasti akan terlaksana dan berhasil. Mengapa? Karena manusia di dalam membangun bangunan itu sesuai dengan patron dan kehendak Allah. Kita merindukan apapun yang kita lakukan berhasil dan itu hanya Tuhan yang bisa mewujudkan dan hanya Tuhan yang dapat memuji apakah kita berhasil atau tidak.


Unsur-unsur yang dibutuhkan seseorang untuk membangun sesuatu adalah :


1. DASAR. (ayat 3)
Batu bicara tentang dasar kerajaan Allah. Kita harus memiliki dasar yang kuat hingga apapun yang terjadi tidak akan dapat memberi pengaruh yang negatif pada kita. Apakah dasar itu ? Dasar itu adalah bagaimana kita membangun hubungan yang benar. Jadi Jangan sampai kita mengambil keputusan dengan dasar yang salah. Keputusan kita sekarang akan menjadi dasar dari segala hal yang kita alami di kemudian hari. Kita harus tahu dan mengerti apakah kita membangun dasar di atas batu, tanah, tanah liat atau membangun di atas apa?


2. TUJUAN. (ayat 4)
Tujuan yang harus kita lakukan adalah sesuai dengan apa yang Tuhan mau. Jangan sampai kita melakukan segala sesuatu tanpa sesuai dengan kehendak Allah. Lakukan segala sesuatunya dengan dasar tujuan dari Allah. Contohnya saat kita membangun hubungan dengan Tuhan dimulai dari saat teduh kita dengan Allah. Sebab saat kita melepaskan keintiman kita dengan Tuhan maka tujuan kita tidak akan kuat. Sebab tujuan hidup kita setiap hari dan sepanjang hidup itu adalah bersama Allah. Maka jangan sekali-kali mempermainkan waktu yang ada.


3. OTORITAS. (ayat 4b)
Otoritas bicara tentang apa yang harus kita lakukan sebagaimana kita ditempatkan dalam kehidupan kita oleh Allah. Kita harus mempunyai otoritas yang benar dihadapan Allah. Jika kita ditempatkan sebagai ayah maka berlakulah dan kerjakan tugas ayah sebagai imam dengan baik. Begitu pula jika kita ditempatkan sebagai istri atau anak. Maka kita harus melakukan tugas kita masing-masing dengan bertanggungjawab penuh terhadap tugas itu. Otoritas itu penting untuk membangun suatu bangunan apapun itu. Maka Jika terjadi masalah kita harus instropeksi diri dan jika ada masalah biasanya kita melanggar ketentuan/ketetapan Allah.


4. IDENTITAS (ayat 5+6)
Bahasa yang sama ini bicara tentang Identitas. Filipi 2:5-8 Kita harus mempunyai identitas. Kita harus menunjukkan identitas yang jelas. Maka lewat sikap hidup dan nilai-nilai kerajaan yang kita punyai harus kita bawa keluar saat bersama dengan orang lain. Sehingga dengan identitas kita maka orang yang melihat kita dapat bertobat tanpa kita harus bersusah payah menginjili orang tersebut. Identitas ini juga salah satu unsur yang tidak bisa lepas untuk dasar sebuah bangunan.


5. KOMUNIKASI
Kekristenan tidak berbicara mengenai hidup individu (sendiri) serta tidak berkumpul dengan orang lain. Melainkan kekristenan adalah suatu hubungan (relasi) dan saling melengkapi sehingga menjadi sebuah relasi yang indah. Jangan pernah membangun komunikasi yang formal/resmi setiap saat sebab hal itu tidak akan menghasilkan bangungan yang baik. Komunikasi harus keluar dari batin kita.(mat 5:23) Komunikasi sangat penting dan harus selalu ada. Sebab jika tidak ada komunikasi maka kita tidak akan tahu apa yang dimaksud oleh Tuhan.

6. INVESTASI

Allah berinvestasi talenta pada kita dan Allah bertanggungjawab terhadap investasi talenta tersebut. Jangan kita berpusat pada manusia sehingga kita membandingkan diri kita dengan orang lain. Jangan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Sebab masing-masing kita punya sesuatu yang berbeda dan unik. Kita tidak perlu melihat orang lain. Apa yang ada pada kita harus kita kembangkan sebab Allah memberi talenta pada kita sesuai waktu, kemampuan dan bakat yang kita punyai. Keluarkan, gali terus dan kembangkan terus menerus potensi yang ada pada kita 100%.


7. PENUH ROH KUDUS
Jika kita membangun bangunan maka harus ada keenam unsure tersebut diatas tetapi itupun belum cukup kuat untuk dasar bangunan kita. Dan harus ada unsur yang ketujuh yaitu penuh dengan ROH KUDUS. Saat kita mulai melenceng maka Tuhan akan bertindak menurut kehendak Allah yaitu dengan menghancurkan apa yang kita bangun tadi. Kita harus koreksi diri apakah ada hal yang kita belokkan dari rencana Allah sehingga terjadi kesulitan yang dijinkan oleh Allah supaya terjadi dalam hidup kita. Kita harus hidup dengan kuasa dari Allah. Kisah 2:2-4 Maka akan ada pemulihan saat kita dipenuhi oleh Roh Kudus. Allah selalu bertanggung jawab dengan apa yang ia lakukan dalam hidup kita. Allah memberikan pemulihan pada hidup kita. Dan Allah memberikan jalan keluar asalkan kita mau datang pada Allah.